Cara Setting Modem Bolt Agar Hemat Baterai dan Tahan Lama

Bagaimana cara setting modem bolt biar hemat baterai dan bisa digunakan dalam waktu yang  lama? Seiring dengan bertambah terkenalnya wifi modem BOLT! (seri MF90), penulis terus tak jarang serta terus mudah menemukan wifi spot (signal) BOLT! yang nyatanya tak sedikit dipakai oleh tetangga sebelah tempat tinggal penulis,bahkan sempat penulis menemukan ada 4 (empat) wifi spot BOLT! yang sedang aktif broadcast signal-nya.

Tujuan penulis memakai wifi modem BOLT! merupakan untuk peruntukan pribadi alias minimal hanya bisa dipakai di area terbatas dalam rumah tempat tinggal penulis, wajibnya tak ada signal wifi spot BOLT! milik penulis yang “bocor” ke rumah sebelah alias ke tetangga sebelah. Wajibnya kami sebagai pemilik wifi modem BOLT! bisa membatasi area cakupan signal wifi hotspot BOLT! kami hanya mencakup area dalam rumah saja, tak bocor ke luar rumah.

Posisi modem BOLT! dalam rumah penulis di ilustrasikan semacam foto berikut :

Modem di letakkan di meja ruang tamu (rumah A)


Secara default, nyatanya jangkauan signal wifi yang dipancarkan oleh modem BOLT!, bisa mencapai area rumah di sebelah (rumah B), dengan cara default setting ini (Long WiFi Range) terbukti di setup semacam itu oleh manufaktur-nya.


Ponsel / device, Notebook alias tablet (iPad / Android) milik orang lain yang berada di luar area rumah kita, yang berusaha mencoba / terkoneksi ke wifi spot BOLT! kami yang terletak di dalam rumah, sedikit tak sedikit mempengaruhi kinerja wifi modem BOLT! kita, khususnya saat proses percobaan koneksi yang terus diperbuat oleh mereka, mesikipun tak sukses “menembus” key / password jalan masuk modem BOLT! kita, ini lumayan “menguras” pengunaan baterai wifi modem BOLT! kita.

Untuk menghindari faktor ini terjadi, berikut langkah-langkah antisipasi yang bisa kami perbuat, tenang aja, ini bisa sobat perbuat sendiri kok ??

1. Nyalakan serta aktifkan wifi modem BOLT! sobat, tunggu hingga indikator signal wifi yang berwarna biru di bodi modem BOLT! menyala

2. Koneksikan PC / notebook sobat ke wifi spot BOLT! sobat.

3. Buka browser internet (Mozilla Firefox), lalu ketik URL ini : http://192.168.1.1/index.html

4. Login dengan memakai password yang sudah sobat setting (default-nya = admin)

5. Tunggu berbagai saat, hingga timbul halaman berikut

6. Klik opsi “Setting”, lalu pilih “Device Settings”, kemudian pilih “Power Save”, semacam foto berikut


7. Sobat bakal menemukan “default” setting “WiFi Kemampuannce Settings” semacam foto berikut ini.


8. Apabila biasanya sobat hanya memakai wifi modem BOLT! sobat dengan PC / Notebook alias ponsel sobat, alias biasanya sobat menaruh wifi modem BOLT! bersebelahan dengan gadget sobat, maka sebaiknya sobat ubah settingnya menjadi :

Short WiFi Range – Best battery life


Jangkauan signal wifi-nya bakal semacam foto ini :


9. Apabila nyatanya wifi modem BOLT! milik sobat tujuan pemakaiannya hanya untuk semua orang yang ada dalam area rumah alias tempat tinggal sobat, sebaiknya ubah setting-nya menjadi :

Medium WiFi Range


Jangkauan signal WiFi-nya bakal semacam foto berikut ini :


10. Klik tombol “Aplikasily” untuk menyimpan perubahan setting yang sudah sobat perbuat.

Nah, dengan tutorial ini sobat bakal terus membatasi area signal wifi spot BOLT! milik sobat,
juga keuntungan lain yang bisa di bisa, baterai modem bakal terus hemat, sebab signal wifi yang dipancarkan tidak sebesar / sekuat sebelumnya, juga menghindari orang di luar rumah sobat untuk terhubung ke wifi spot BOLT! sobat.

Trik lain untuk menghemat baterai sobat :

1. Klik opsi “Settings”, lalu pilih “Device Settings”, kemudian pilih “Update Management”, semacam foto berikut


2. Di halaman berikutnya yang muncul, sobat ubah “Cycle Settings” menjadi “Disable” semacam foto berikut,


tujuannya, untuk mematikan proses auto check / update modem BOLT! sobat, yang apabila dibiarkan adakala bakal berlangsung otomatis (update otomatis) serta biasanya lumayan makan quota unduh serta tentunya bikin baterai modem BOLT! lebih cepat terkuras.

3. Klik tombol “Aplikasily”, untuk menyimpan perubahan yang sudah sobat perbuat.

Catatan : untuk modem BOLT! (MF90) sobat yang sudah mengalami proses “UNLOCK”, mematikan fitur otomatis update ini, juga menjamin kelangsungan nasib modem “UNLOCK” sobat.

Sekedar informasi, saya memiliki rujukan website modem terpercaya untuk anda yang ingin melihat review modem sebelum membeli. Silahkan kunjungi www.modemasli.com untuk melihat informasi tentang modem dan antena lengkap disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar