(PC) Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Halo temen-temen, mau cerita nih karena kemaren kesel amat cari cara buat ngecilin ukuran video di pc tapi gk nemu-nemu caranya. Jadi gini ceritanya, kemarin hari yang lalu saya ingin menggabungkan berbagai video, tidak lebih lebih 16 video yang ingin saya gabungkan menjadi satu video. Masing-masing ukuran dari 16 video tersebut begitulah kecil bagi saya, yakni kurang lebih 12 MB-an dengan format mp4. Nah, langsung saja waktu itu saya menggabungkan Video tersebut memakai software Adobe Premiere yang biasa saya pakai untuk edit video. Seusai saya gabungkan sehingga satu video, kemudian saya export menjadi formatnya .avi. Alhasil saya kaget ukuran video yang saya gabungkan tadi menjadi kurang lebih 2GB (lebih cocoknya 2,203,645 KB).

Alhasil saya mencari tutorial untuk mengecilkan ukuran file video tersebut. Saya googling akhirnya menemukan software yang begitu megnecilkan ukuran file. Dari 2GB tadi menjadi 15 MB. Saya memakai Handbrake untuk mengkompress ukuran video tadi. App ini berkapasitas begitu kecil. Bagaimana tutorial memakainya? Bagaimana agar video yang berkapasitas besar dapat diperkecil? Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

CARA KOMPRES ATAU MEMPERKECIL UKURAN VIDEO

  1. Install software semacam biasanya, tinggal next next aja. Jalankan Handbrake.
  2. Kalau telah dibuka, kami input dulu file video yang mau dikompres, caranya klik Source > File.
  3. Cari file yang mau dikompress, pilih, open. Saya memilih file bernama Sequence01.avi (2GB).
  4. Bisa Sobat lihat video yang saya pilih di atas ukurannya merupakan 2GB. Langkah selanjutnya tentukan destinasi untuk hasil kompresnya, file yang sukses di kompres bakal disimpan di folder destinasi ini. Klik Browse. File saya beri nama Video Compress.mp4.
  5. Seusai itu kami atur Output Setting, semacam dibawah ini.
  6. Kemudian, atur Video Codec semacam di bawah ini.
  7. Telah siap, klik tombol Start yang ada diatas.
  8. Proses bakal berlangsung.
  9. Seusai proses berakhir, kami lihat file hasil kompres di folder destinasi. Bandingkan, file video sebelum dikompres serta setelah. Berubah drastis ukurannya dari 2GB ke 15MB. Nilai dari videonya pun tak turun, tetap baik.
Itu dia cara memperkecil ukuran video di PC atau Laptop kalian. Namun ada yang lebih simpel tapi saya belum mengepostnya disini, silahkan langsung saja anda kunjungi sendiri website berikut : www.android-seru.com lalu cari cara memperkecil ukuran video di android dengan mudah. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like, share dan komen ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar