Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar Lengkap dengan Contoh

Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar Lengkap dengan Contoh - Apa itu Proposal? Secara etimologis kata proposal berasal dari bahasa Inggris, ialah Propose yang maksudnya pengajuan/ mengajukan ataupun permohonan.


Sesuatu pihak membagikan proposal buat menawarkan ilham, gagasan, ataupun rencana kepada pihak lain supaya memperoleh sokongan. Sokongan tersebut bisa berbentuk ijin, persetujuan, dana, serta lain- lain. Tetapi, secara universal proposal merupakan sesuatu rencana yang disusun buat aktivitas tertentu.

Buat apa Proposal terbuat? Secara universal tujuan dibuatnya proposal merupakan buat memperoleh ijin ataupun persetujuan dari sesuatu pihak menimpa rencana ataupun rancangan yang hendak dicoba. Tidak hanya itu, proposal pula kerap terbuat buat permohonan dana/ sponsorship lewat kerjasama dengan pihak lain.

Macam- macam tipe proposal antara lain:

1. Proposal Aktivitas Ini ialah proposal buat melaksanakan sesuatu aktivitas. Isi proposal aktivitas merupakan pengajuan rencana aktivitas, baik yang sifatnya orang ataupun kelompok, misalnya pentas seni serta budaya.

Acapkali proposal aktivitas ini sekalian buat pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. Serta bagaikan kompensasi, penyelenggaran aktivitas hendak menawarkan suatu yang berguna untuk donatur, misalnya ruang iklan.

2. Proposal Bisnis Ini merupakan proposal yang berhubungan dengan dunia bisnis, baik perseorangan ataupun kelompok. Contohnya merupakan proposal pendirian sesuatu usaha, proposal kerjasama antar industri, serta lain- lain.

3. Proposal Riset Tipe proposal ini biasanya digunakan pada bidang akademisi. Contohnya proposal riset buat membuat skripsi, tesis, serta yang lain. Proposal ini terbuat bagaikan pengajuan aktivitas riset.

4. Proposal Proyek

Tipe proposal ini biasanya dipakai pada dunia bisnis dimana isi proposal tersebut tentang rangkaian rencana aktivitas. Contohnya merupakan proposal sesuatu proyek pembangunan.

Suatu proposal dapat dikatakan baik serta benar apabila penuhi ketentuan struktur dari proposal itu sendiri( mempunyai struktur yang lengkap). Kita ambil contoh misalnya dalam proposal aktivitas. Struktur- struktur yang wajib terdapat didalam suatu proposal aktivitas diantarannya bagaikan berikut:

1. Latar Belakang

2. Permasalahan serta Tujuan

3. Ruang Lingkup Kegiatan

4. Kerangka Teoritis serta Hipotesis

5. Tata cara Kegiatan

6. Pelaksana Kegiatan

7. Sarana yang Tersedia

8. Keuntungan serta Kerugian

9. Lama Waktu serta Tempat Pelaksanaan

10. Anggaran Biaya

11. Catatan Pustaka

12. Lampiran- lampiran

Nah, apabila proposal yang kamu buat( dalam perihal ini proposal aktivitas) telah penuhi struktur- struktur diatas hingga insyaAllah proposal yang kamu buat telah dapat dikatakan BAIK serta BENAR.

Masih kurang jelas? tenang saja, aku hendak lampirkan contoh proposal aktivitas yang telah jadi di dasar ini. Kamu tinggal mendownloadnya di link di dasar ini.

Sekian saja postingan menimpa proposal kali ini, apabila terdapat kesalahan penyusunan serta sebagainya aku mohon maaf yang sebesar- besarnya. Terima kasih kamu telah berkunjung di web aku, mudah- mudahan apa yang kamu cari dapat ditemui disini. Apabila terdapat perihal yang kurang jelas/ butuh ditanyakan silahkan dapat ditanyakan di kolom pendapat dibawah.

Referensi: https://bungdus.com/struktur-proposal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar